Kimchi

Hari ini (Kamis, 06 Des 2012), saya mencoba untuk membuat kimchi untuk yang ke dua kalinya. Alhamdulillah, rasanya udah bisa diterima sama lidah#ku 😀 .

Pertama kali bikin Kimchi, ngikutin resep banget dan hasilnya bener BERASA, ahahaa. Emang ada semua rasa disitu (katanya sih berhasil) ada rasa asin (tentunya), pedas, asam, dan bawangnya itu loh kuat banget. Padahal, waktu racik bumbunya (aduk2 sampe rata) dah dicobain masih enak, pas udah di fermentasi doong, sumpeh deh, lidah saya bener-bener ga bisa nerima. *perlu diketahui, saya tidak suka asin dan pahit, begitu juga bawang putih.

Udah gitu, langsung saya browsing tentang rasanya seperti apa, dan ternyata bukan hanya saya saja yang mengalami hal yang demikian, karena memang rasa Asin, Pedas, Asam nya itu kuat banget dan bawangnya juga. Ada salah satu komentar di blog yang saya baca ketika itu, untuk bisa diterima oleh lidah Indonesia, tambahkan buah pir atau apel satu buah.

Saking penasarannya sama Kimchi itu kayak apa, akhirnya saya coba untuk membuatnya lagi. Dengan resep yang sama hanya menambahkan buah pir singo (dan tentunya dengan takaran bumbu yang berbeda). Ini bahan-bahannya (untuk porsi kecil, –karena masih trial–) :

untuk rendaman sawi, direndam 4 – 6 jam.

  • 1 – 2 Sawi putih kecil (saya beli di tukang sayur, adanya kecil tp segar)
  • 2 sdm garam
  • 1 gelas air

untuk sayur campurannya ;

  • 1 Lobak (iris tipis seperti korek api)
  • 2 Wortel (iris tipis seperti korek api)
  • 2 batang daun bawang (iris melintang)

untuk pastanya ;

  • 1 sdm tepung (saya menggunakan tepung beras rose brand, ada juga yang pake tepung ketan)
  • 1/3 gelas air
  • 3 sdm cabe bubuk (bila suka pedas bisa ditambahkan)
  • 6 cm Jahe parut
  • 3 – 6 siung bawang putih (cincang halus) –kalau kurang suka bawang putih, 3 cukup
  • 2 – 3 sdm gula pasir
  • 1/3 sdt garam (bila suka asin bisa tambahkan sampai 1 sdt)
  • 2 sdm kecap ikan korea (Kecap Ikan yang ada gambar kimchinya)
  • 1/2 buah pir singo (kupas kulitnya dan blender tanpa tambahan air ya)

cara membuat kimchi :

  • belah sawi menjadi dua bagian
  • masukkan 2 sdt garam dan 1 gelas air, aduk rata dengan sendok. Siram air garam sedikit demi sedikit ke sela-sela sawi putih hingga merata (di dalam wadah ya). Setelah itu diamkan selama 4 – 6 jam (sampe layu sih intinya, biar nanti bisa ditekuk/dilipat dua).
  • Setelah rendaman selesai, cuci sawi putih dengan air mengalir sebanyak 3 kali (sela-selanya juga ya).
  • tiriskan selama 30 – 60 menit (sambil menyiapkan bahan lainnya).
  • Masukkan 1/3 air dan 1 sdm tepung ke dalam panci kecil dengan api sedang. Aduk hingga rata sampai ada letupan pertama angkat dan diamkan.
  • siapkan wadah untuk membuat pastanya
  • masukkan campuran tepung dan air tadi ke dalam wadah, masukkan cabe bubuk, garam, gula, bawang putih yang sudah dicincang halus, jahe, kecap ikan. Aduk rata. Masukkan jus buah pir singo tadi dan aduk rata menggunakan spatula atau langsung dengan tangan (jangan lupa pakai sarung tangan yaa).
  • masukkan sayuran lainnya (lobak, wortel, daun bawang) ke dalam wadah tersebut. Aduk rata.
  • oleskan bumbu tadi ke setiap lembaran sawi putih, bisa dimasukkan sawi putihnya ke dalam wadah, pastikan semua bagian kena bumbu. Setelah itu lipat menjadi dua bagian. Masukkan sawi ke dalam wadah kedap udara atau toples.
  • Diamkan selama 2-3 hari pada suhu ruangan. (proses fermentasi)
  • Setelah itu, kimchi siap dihidangkan… bisa disimpan ke dalam lemari es setelah difermentasi yaa.

Insya Allah kimchi yang kedua lebih enaklah :D, Manisnya berasa.. hhee. kalau tadi sih pas udah jadi dicoba langsung enak rasanya… ada semua rasa (Manis, Pedas, Asin, Asam, jahe, bawang) dan pas gak semuanya kuat seperti yang pertama.

Selamat Mencoba 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s