Penyakit Tapi Bukan Penyakit (Bagian 4) : Masuk Angin

Penyakitnya Orang Indonesia

Komunitas Pecinta Pengobatan Alami

masuk angin

 

Istilah masuk angin sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, dalam dunia medis istilah tersebut tidak dikenal. Lalu, apa sebenarnya yang terjadi dengan gejala masuk angin seperti rasa tidak enak, lemas serta perut kembung?

Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin. Hal ini tak hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Biasanya penyebab utama masuk angin adalah udara dingin yang berlebihan. Salah satunya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, stres, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah . Hal-hal seperti itu dapat memicu gas berlebih didalam usus dan lambung.

Masuk angin…

View original post 1,544 more words

Leave a comment